Pengertian dan Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Tanda tangan  merupakan faktor penting untuk pengesahan suatu dokumen. Sebuah dokumen dinyatakan asli dan resmi jika sudah ditandatangani oleh orang yang berkepentingan, akan tetapi dibeberapa kondisi membuat kita kesulitan mendapatkan tanda tangan secara langsung.

iNsign memiliki suatu solusi, dapat kami berikan pengertian dan cara membuat tanda tangan digital.

BACA JUGA

Mengenal Apa Tanda Tangan Digital beserta Kegunaannya

Bagi anda yang bekerja di kantoran baik di pemerintahan, atau swasta, mahasiswa, pelajar, komunitas, pasti akrab dengan dokumen-dokumen (administrasi, kontrak,disposisi, riwayat kesehatan) yang harus ditanda tangani. Misalkan saja Anda sedang butuh tanda tangan Pejabat Pembuat Komitmen untuk tanda tangan kontrak, atau dosen pembimbing untuk daftar wisuda akan tetapi ternyata mereka sedang di luar negeri, yang pasti susah kan untuk mendapatkan tanda tangan beliau? Nah, kami dari iNsign memiliki inovasi tanda tangan dalam bentuk digital!

Selama ini orang masih salah dalam mempresepsikan tanda tangan digital ini. Apa yang membedakan dengan memasukkan file tanda tangan bentuk PNG atau JPG atau scan tanda tangan menggunakan scanner? Sudah pasti beda ya! Jika tanda tangan seperti itu mudah dipalsukan dan dimanfaatkan untuk kejahatan dunia maya atau siber.

Sedangkan tanda tangan yang akan disematkan pada sebuah dokumen PDF itu telah melalui proses enkripsi. File tersebut sudah dikunci dengan PIN yang hanya bisa dipakai oleh pemberi tanda tangan.

Saat ini sistem ini sudah disahkan oleh pemerintah pada bulan september 2018 dengan mengeluarkan PERMEN KOMINFO No. 07 Tahun 2018 tentang PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA TERINTEGRASI SECARA ELEKTRONIK BIDANG KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA. Kemudian apa saja  manfaat dari tanda tangan dalam bentuk digital ini?Berikut beberapa manfaat utama dari tanda tangan digital:

  • Pertama, Mendapatkan Perlindungan Ganda,
  • Kedua, Dengan tanda tangan digital menjadi lebih cepat, efisien, mudah. Kita tidak perlu menemui atasan, dosen, atau guru untuk minta mengesahkan dokumen. Cukup kirimkan file lewat email dan minta disahkan. Tidak ada lagi alasan jarak yang jauh maupun kesibukan,
  • Ketiga, lebih hemat kertas dan ramah lingkungan. Bayangkan berapa banyak kertas yang habis untuk mengesahkan berbagai dokumen? Dengan menggunakan dokumen dan tanda tangan berbentuk digital pastinya kita bisa menghemat kertas lebih banyak,
  • Keempat, Meminimalisir Potensi ResikoTerjadinya Fraud dan Scamming,
  • Kelima, Mengurangi biaya media tinta pencetakan serta biaya untuk mengarsipkan dokumen hard copy.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Sebuah Dokumen

 

Bisnis-Proses-Tanda-Tangan-Digital-Insign

Bisnis-Proses-Tanda-Tangan-Digital-Insign

 

Bisnis Proses Tanda Tangan Digital Insign

Bisnis-Proses-Tanda-Tangan-Digital-Insign

 

Proses Tanda Tangan Elektronik

  • Melalui Perangkat Pengguna – Pada Platform iNsign Login Web Base dengan masukkan nomor ID atau Username dan Password
  • Melalui Platform iNsign Unggah/Upload Dokumen yang akan ditandatangani.
  • Pemegang iNsign/Pengguna akan meninjau dokumen sebelum menandatangani.
  • Memilih mode otentikasi dengan Generate Token untuk mendapatkan OTP.  Sertifikat untuk tanda tangan digital dikeluarkan oleh CA Solusi Net/Digisign, setelah otentikasi berhasil.
  • Memasukkan Password ID dan memasukan OTP (One Time Password) yang sudah dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar di iNsign
  • Mengirimkan/Memproses penandatanganan Dokumen.
  • Dokumen yang berhasil ditandatangani (secara digital dikirim ke pengguna), dan dapat didownload melalui platform iNsign.
  • Seluruh proses selesai dalam 4-5 menit tergantung pada konektivitas internet pengguna
2019-02-26T11:07:10+00:00