Meningkatkan Bisnis Anda dengan Tanda Tangan Elektronik

Berapa banyak waktu yang Anda butuhkan dalam menyelesaikan suatu dokumen bisnis dan juga menandatanganinya? Berapa banyak biaya yang keluar dalam proses menyiapkan dokumen beserta proses pengiriman oleh kurir kepada klien Anda, termasuk pengambilan dokumen penting dari klien Anda?

Pertanyaan-pertanyaan diatas terasa ringan, akan tetapi proses penyelesaian semua jenis dokumen ini merupakan bagian penting dalam berbisnis. Dalam proses berjalannya suatu bisnis tentu saja proses penandatanganan dokumen melalui beberapa tahap, mulai dari mencetak suatu dokumen, menandatangani dengan pena, kemudian mengirim dokumen melalui email kepada yang dituju, atau mengirim dokumen melalu jasa kurir. Dalam proses penyampaian dokumen yang sudah ditandatangani hingga sampai pada penerima dokumen membutuhkan prosedur tersendiri dan tidak hanya menguras waktu, tetapi juga membutuhkan biaya yang besar.

Berbagai tahapan yang membutuhkan waktu yang lama dan berhari-hari, tentu saja akan menghambat perkembangan bisnis Anda. Selain itu banyak resiko yang harus diperhatikan seperti mengirim dokumen melalui jasa kurir, dimana dokumen tersebut bisa dimodifikasi sebelum sampai kepada penerima, atau bahkan terjadinya kerusakan dokumen akibat pembungkus dokumen yang tidak aman. Dengan Tanda Tangan Elektronik Efisiensi bisnis Anda pasti akan terjadi peningkatan secara signifikan.

Manfaat tanda tangan elektronik tentu saja tidak hanya sebatas yang sudah disebutkan diatas, akan tetapi masih banyak lagi manfaatnya diantaranya:

1. Hemat Waktu

City view at night with traffic and trail light in Shanghai.

Dengan Tanda Tangan Elektronik Anda dapat menghemat waktu pencetakan, memindai, dan menyimpan dokumen, hingga proses persalinan dari pihak ketiga. Menandatangani dan mengirim dokumen dari manapun dan kapanpun kita berada hanya beberapa menit saja.

2. Lebih Terjangkau

Dengan tanda tangan elektronik Anda tidak lagi mengalokasikan anggaran untuk membeli kertas, tinta, pena, tinta printer, dan ekspedisi, dan tentu saja biaya penyimapanan. Selama Anda sudah memiliki Ponsel cerdas dan komputer yang terhubung dgn internet, menandatangani dan mengirimkan.

3. Mengikat Secara Hukum

Legalitas pemanfaatan Tanda Tangan ELektronik di Indonesia telah di atur dalam UU No. 11 Tahun 2008 Bab 11 ayat 1 ( Pelaksanaan UU no.11 Tahun 2008 Pasal 1 Ayat 1) tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta PP nomor 82 Tahun 2012 bab 52 ayat 1 dan 2 ( pp nomor 82 tahun 2012 pasal ayat 1 dan 2 ) 52 tentang Pelaksanaan  sistem dan transaksi elektronik. Dasar hukum tersebut menjelaskan bahwa Tanda Tangan Elektronik merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengontetikasi dan memverifikasi sebuah transaksi elektronik. Dengan kata lain kekuatan hukum antara Tanda Tangan Elektronik dan Tanda Tangan Basah adalah sama, selama tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

4. Lebih Aman

Tanda Tangan Elektronik lebih Aman

Secara signifikan pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik juga Lebih Aman dan dapat menghindari Pemalsuan Dokumen, dan meningkatkan zona aman serta menghindari ancaman dari kedua belah pihak. Selain itu juga dapat meminimalisasi resiko dokumen rusak atau hilang. Yang paling terpenting lagi dokumen dapat terjaga dengan baik mulai dari proses persalinan tidak terjadi campur tangan dari pihak ketiga.

5. Ramah Lingkungan

Tanda Tangan ELektronik Ramah Lingkungan

Dengan Tanda Tangan Elektronik di bisnis Anda itu akan menjadi aspek yang penting dan membawa manfaat luar biasa, bisnis Anda juga dapat  memberikan kontribusi untuk kelestarian lingkungan hidup. Dengan mengkonversi suatu tanda tangan digital otomatis Anda menghilangkan percetakan, dan juga mengurangi penggunaan bahan bakar dan kertas setiap harinya.

6. Ekspansi Bisnis Lebih Cepat

Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik dapat menciptakan suatu gaya bisnis yang modern. Telah banyak negera-negara lain mengakui dan menyetujui penggunaan Tanda Tangan Elektronik ini, karena sudah sah di mata hukum bisnis. Dengan diakuinya Tanda Tangan Elektronik ini maka akan memberi kesempatan untuk memperluas  bisnis Anda hingga tingkat International. Terlebih lagi apabila mitra bisnis Anda berada di Negara lain maka Anda tidak lagi harus datang, karena dengan menggunakan layanan tanda tangan elektronik ini sudah memperoleh legally-binding.

2019-05-21T14:14:17+07:00