Keunggulan dan Kelemahan Tanda Tangan Digital

Keunggulan Tanda Tangan Digital

  • Mendapatkan Perlindungan Ganda : Tanda tangan elektronik memiliki dua kunci, yaitu privat dan publik. Masing-masing kunci bekerja secara optimal sehingga menghasilkan tingkat keamanan tinggi. Melalui kunci publik, penyangkalan atas tanda tangan bisa diminimalkan. Apalagi
    dengan dukungan dari penyedia Certificate Authority Fungsi Certificate Authority (CA) tersebut sebagai alat verifikasi tambahan. Jika terdapat perubahan dokumen, CA bisa mengetahui secara langsung bahwa dokumen tersebut sudah ada modifikasi dan sudah tidak sesuai.
  • Proses Mudah dan Cepat : Tanda tangan elektronik bekerja dengan dukungan teknologi internet. Karena itu, Anda bisa membubuhkannya kapan saja di berbagai tempat. Syaratnya, lokasi tersebut harus terhubung jaringan internet. Hanya dalam hitungan menit, dokumen berisi digital signature diterima oleh perusahaan atau orang yang dituju.
  • Meminimalisir Potensi ResikoTerjadinya Fraud dan Scamming : Dengan adanya dokumen elektronik yang sudah di tandatangi secara digital, akan meminimalisir potensi fraud seperti pemalsuan dokumen atau pemalsuan tanda tangan yang kerap kali terjadi di metode klasik untuk pembubuhan tanda tangan basah. Sama halnya dengan informasi melalui email, dengan adanya tanda tangan digital di pesan melalui email, maka penerima memiliki kepastian bahwa email yang di terima merupakan email yg sah dan benar di kirim oleh si pengirim karena identitas nya sudah di verifikasi melalui tanda tangan digital. Hal seperti scamming dan phishing akan dapat di minimalisir.
  • Mengurangi biaya untuk media kertas dan media tinta pencetakan serta biaya untuk mengarsipkan dokumen hard copy : Dengan adanya peralihan media dari kertas ke media elektronik, dan dengan adanya tanda tangan digital, biaya untuk media kertas dan tinta untuk pencetakan dokumen dapat ditekan. Selain itu biaya untuk menyewa gudang pengarsipan untuk penyimpanan dokumen untuk media kertas juga dapat ditekan.

Kelemahan Tanda Tangan Digital

  • Perlu adanya biaya tambahan untuk menandatangani dokumen elektronik : Tentunya untuk melakukan tanda tangan digital pada dokumen elektronik akan ada beban tambahan biaya misalnya dari penyedia layanan Certificate Authority utnuk layanan tersebut. Namun cost dari biaya tanda tangan digital ini tidak sebesar dengan anggaran untuk membeli dan mencetak dokumen secara hard copy, maka jika dikalkulasi lebih mendalam hal ini justru dapat menghemat anggaran dari biaya kertas dan tinta untuk mencetak dokumen.
  • Perlunya awareness kepada user untuk menyimpan dokumen elektronik yang sudah di tandatangani digital dalam media yang aman : User perlu memahami bahwa dokumen elektronik yang sudah ditandatangani merupakan dokumen yang secara legal sudah seperti menggantikan dokumen asli yang ditandatangani basah. Oleh karena itu user perlu di informasikan untuk selalu menjaga dokumen tersebut dan menyimpan di tempat dan media storage yang aman.
2019-01-21T17:54:07+00:00